Yuk belajar aksara jepang: Hiragana - Pawarta Japan

Jumat, 11 Desember 2015

Yuk belajar aksara jepang: Hiragana

Kalian semua pasti tau negeri Jepang, negeri kecil namun sangat maju ini telah begitu menarik perhatian sebagian besar orang di dunia. Bagaimana tidak, negeri ini adalah tempat lahirnya  film, animasi (anime), komik (manga), dan game game keren yang sangat diminati banyak orang, tapi tidak hanya di bidang hiburan, banyak hal lain yang menarik dari jepang antara lain, budayanya yang unik dan beragam, gaya hidup yang menarik dan menyenangkan, teknologi yang maju, serta banyak sekali hal menarik lainnya dinegeri ini.


Tidak salah bagi kita jika ikut tertarik dengan negeri ini, siapa yang tidak ingin pergi kesana? pasti sebagian besar dari kita ingin sekali singgah disana. Lalu apa yang kita perlukan jika ingin pergi kesana? pastinya tidak lepas dari bahasa mereka, nah kali ini saya akan membahas tentang salah satu aksara jepang yang wajib kita kuasai sebelum pergi kesana, kenapa? karena dengan kita menguasai aksara mereka, kita bisa lebih mudah mempelajari Bahasa Jepang.

Hiragana

Huruf Hiragana dulunya digunakan oleh para Wanita Jepang, maka dari itu bentuk tulisannya halus jika dibandingkan dengan katakana. 

Sedangkan penggunaannya adalah untuk:
-Kata keterangan.
-Digunakan untuk situasi yang formal.
-Perkataan dimana kanjinya lama tidak digunakan

Hiragana Chart


Berdasarkan chart di atas, inilah huruf hiragana yang wajib kita kuasai, adapun metode khusus atau teknik menghafal agar lebih mudah yaitu dengan kunci "Akasa Tanaha Maya Rawan". Berdasarkan chart di atas, barisan huruf a(あ) diikuti oleh i(い), u(う), e(え), hingga o(お), begitu pula dengan baris selanjutnya, dengan begitu kita tidak perlu mengfal satu persatu, kita manfaatkan saja chart terstebut. 

"Akasa Tanaha Maya Rawan" adalah urutan baris chart tersebut. Kita hafalkan saja satu persatu a hinga o, turun satu baris ka hingga ko, sa hingga so dan seterusnya. Lama kelamaan kita akan mulai hafal dan terbiasa dengan urutan chart tersebut, selain hanya menghafal kita juga harus mempraktekkanya, hafalkan setidaknya 3 baris dahulu, lalu coba tulis beberapa kata dengan huruf tersebut misalnya: Sekai, Saiko, Kiseki, Koi, dan lain sebagainya. Lanjutkan baris berikutnya dengan metode yang sama. Masih ada huruf lain selain yang ada pada chart tersebut, yaitu:


Aksaranya tidak jauh berbeda dengan barisan ka, sa, ta, dan ha. Hanya ada sedikit perbedaan mostif di aksaranya seperti yang ada pada chart diatas. Metode "Akasa Tanaha Maya Rawan" ini mungkin jauh dari kata sempurna, namun mungkin saja metode ini dapat membantu kalian agar lebih mudah dalam menguasai hiragana, sudah saya buktikan sendiri saya dapat menguasai hiragana dalam satu malam dengan metode ini.

Kuncinya adalah, jangan pernah patah semangat, biasakan menulis aksara hiragana sebanyak-banyaknya, rajin berlatih dengan beberapa kata maupun kalimat. Selain cara menghafalkannya, masih banyak yang harus kita kuasai seperti aturan menulisnya dan beberapa hal lain.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan jika ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaklumi, jangan pernah patah semangat jika kalian benar-benar mengingkinkan sesuatu!

Keep Calm and Blog On!

2 komentar:

  1. Terima kasih mas atas ilmunya mengenai aksara jepang.. baca juga artikel dari saya mengenai blogger Tips Sukses dalam bisnis online

    BalasHapus
  2. The King Casino Resort - Hertzaman
    Find the perfect place herzamanindir.com/ to stay, play, and unwind filmfileeurope.com at 바카라 사이트 Harrah's worrione Resort Southern California. Get your points now!

    BalasHapus


EmoticonEmoticon